Minggu, 29 Juni 2014

Kemeja Kotak-kotak



Pernah nonton film Rain Man
Ada salah satu adegan di mana aktor Tom Cruise mengenakan kemeja putih yang seluruh kancingnya ditutup, tanpa dasi, dipadu dengan jas abu-abu. Ia terlihat cool. Kemeja putih atau Prince among Shirts sudah saya tulis pada note yang lalu.

Bebeda dengan kemeja putih, kemeja kotak-kotak tampak lebih kasual. Semakin besar kotaknya, semakin kasual. Semakin banyak warna pada kotaknya, semakin kasual. Semakin tebal garis kotaknya, semakin kasual. Semakin kecil dan lembut kotaknya, semakin formal.

Kemeja kotak-kotak lebih sukar dikombinasikan dengan dasi daripada kemeja polos.  Semakin besar kotaknya, semakin sulit mengombinasikannya dengan dasi. Kemeja kotak-kotak paling ‘aman’ dikombinasikan dengan dasi polos. Kemeja kotak-kotak dengan banyak warna tampak kasual dan kurang serasi bila dikenakan bersama dasi.

Kemeja yang memiliki dua saku juga lebih kasual daripada satu saku. Kemeja lengan pendek lebih kasual daripada lengan panjang. Kemeja lengan panjang cocok dikenakan untuk suasana apa pun. Anda bisa melipat lengan kemeja sampai ke siku untuk suasana kasual dan mengenakannya sampai ke pergelangan tangan untuk suasana formal. Tentang kemeja formal dan kasual akan saya bahas lebih detil pada note berikutnya.

Bagian samping kemeja dipotong setengah lingkaran agar kemeja tidak menggumpal di balik celana. Tapi bila bagian samping kemeja tidak dipotong setengah lingkaran, kemeja tersebut tidak perlu dimasukkan ke balik celana. 

Bagian belakang kemeja dibuat sedikit lebih panjang daripada bagian depan agar kemeja tidak ke luar dari celana ketika Anda membungkuk. Pada bagian belakang bahu kemeja diberi kain pelapis horisontal agar bahu kemeja tampak rapi.

Pada kerah kemeja terdapat label yang mencantumkan dua ukuran. Yang nomornya lebih kecil adalah ukuran leher, sedangkan yang nomornya lebih besar adalah ukuran tubuh. 

Jadi bila pada kerah kemeja tercantum angka 15/33, berarti ukuran lingkar lehernya 15, ukuran tubuhnya 33. 

Semakin kaku kerahnya, kemeja akan tampak semakin formal. Ada kemeja yang kedua ujung kerahnya dimasukkan lempengan plastik sekitar 2 x 0,5 centimeter ke dalam bahan pelapisnya untuk menjaga agar kerah tetap bagus bentuknya meski sering dicuci. Ada delapan model kerah kemeja, tapi tidak saya bahas pada note ini.

Ada dua standar ukuran kemeja, yaitu standar Amerika/Inggris dan standar Continental (Eropa kecuali Inggris). Standar Amerika/Inggris: 14, 14 ½, 15, 15 ½, 16, 16 ½, 17. Sementara standar Continental:  36, 37, 38, 39, 40, 41, 42.

Kemeja memiliki kancing cadangan untuk mengganti bila salah satu dari tujuh kancing kemeja tersebut hilang. Jahitan kemeja yang berkualitas bagus dibuat rapat, tidak renggang, dan yang paling nyaman dikenakan adalah kemeja katun.

Kemeja dengan deretan kancing di dada baru dikenal pada akhir abad ke-18. Sebelumnya orang memakai dan menanggalkan kemeja melalui kepala. Pada 1871 Brown, Davis & Co meregistrasi paten kemeja pertama yang memiliki deretan kancing di dada. Sejak itu kemeja menjadi busana formal maupun kasual bagi pria.

Tautan dan diskusi lanjutan : disini.

140601

Tidak ada komentar: