Sabtu, 28 Juni 2014

Kemeja Putih


Kemeja putih sejak dulu dikenal sebagai busana para bangsawan. Pada abad ke-17 para bangsawan Eropa biasa mengenakan kemeja putih yang dihias renda pada bagian dada dan lengan pada saat mengenakan tuxedo, busana yang berasal dari kalangan bangsawan Inggris. 

Sampai akhir abad ke-19 kemeja putih dianggap paling elegan. Dulu pria yang memakai kemeja putih dianggap kaya karena memiliki uang untuk sering mengganti kemejanya dengan yang putih bersih. Kemeja putih dianggap sebagai busana pria yang bekerja di tempat bersih.
 
Kemeja bergaris baru populer sebagai business suit pada akhir abad ke 19. Tapi kemeja bergaris dianggap kurang bersih, sehingga dibuat kemeja bergaris dengan manset lengan dan kerah berwarna putih. Dengan demikian manset dan kerah yang ke luar dari dari balik jas tetap kelihatan bersih. 

Dari bahan apa pun kemeja putih tampak bersih, elegan, dan mewah. Para selebriti dunia seperti Yull Brynner, Paul McCartney, Jackie Kennedy, Audrey Hepburn, dan sebagainya sangat menyukai kemeja putih. Dalam gambar nampak bintang film Brad Pitt, Tom Cruise dan Daniel Craig, nampak keren dengan kemeja putihnya :-).

Para desainer berlomba-lomba menciptakan aneka model kemeja dari bahan putih polos. Desainer Donna Karan, Isaac Mizrahi, Jil Sander, Ralph Lauren, Armani, dan sebagainya mencoba mengeksplorasi bahan putih polos menjadi kemeja aneka gaya. Tetapi yang paling populer adalah kemeja katun putih bermodel standar untuk busana kerja.

Kemeja katun putih bisa dikenakan untuk suasana formal maupun kasual. Untuk suasana kasual, pria tinggal melipat lengan kemeja putih sampai ke siku dan memadukannya dengan celana jeans biru.

Nampak capres Joko Widodo dalam kartun modifikasi a la komik Tintin tampil  dengan baju putih dengan lengan baju putih terlipat. Tampilan baju putihnya ini begitu ikonik dan menginspirasi banyak pengikutnya.

Kemeja katun putih dan jeans biru adalah padanan klasik yang selalu digemari karena membuat pemakainya tampil kasual namun tetap rapi dan menarik. Meski kemeja katun putih ada yang berlengan pendek, namun lebih baik pria memilih yang berlengan panjang agar bisa dikenakan bersama celana jeans maupun stelan jas.

Kemeja putih yang dipadukan dengan stelan jas berwarna gelap akan membuat pemakainya tampil elegan, bersih, dan classy. Juga membuat wajah pemakainya terlihat lebih terang, sehingga pria berkulit gelap akan terlihat lebih menarik bila mengenakannya.

Kemeja katun putih berkualitas biasanya memiliki kancing dari kulit kerang mutiara, bukan dari plastik.

Kemeja putih dari bahan sutera cocok dikenakan pada acara-acara formal. Bila manset lengan bermodel french cuffs (ada lipatan balik pada manset lengan), maka aksesori berupa kancing mungil penghias manset perlu dikenakan. Kemeja sutera putih umumnya dikenakan bersama stelan jas dan tuxedo. Kemeja putih untuk tuxedo biasanya bermodel spread collar atau wings collar untuk tempat dasi kupu-kupu.

Bila Anda membeli kemeja putih dari bahan sutera pilihlah yang berwarna putih bersih, bukan broken white atau putih gading.

Kemeja putih dapat dipadankan dengan celana dan jas warna apapun, dipakai untuk suasana formal maupun kasual, pantas dikenakan oleh mereka yang berkulit gelap maupun terang.

Namun kemeja putih memerlukan perawatan khusus. Jadi sebaiknya pria tak perlu memiliki beberapa kemeja putih, cukup satu atau dua saja. Bila warnanya berubah menjadi kekuningan, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.


130628

Tidak ada komentar: