Minggu, 10 Januari 2016

Sisyphus

Sisyphus adalah seorang raja dalam mitologi Yunani yang menghina para dewa. Ia dihukum, harus mendorong bongkahan batu besar menaiki bukit di Hades (akhirat dalam mitologi Yunani). Setelah dengan susah payah ia berhasil mendorong batu besar sampai ke puncak bukit, kemudian ia harus mendorong batu itu lagi turun ke kaki bukit. Pekerjaan itu harus dilakukannya berulang-ulang: mendorong batu ke atas, mendorong batu ke bawah.

Neraka pekerjaan seperti dalam mitos itu juga dialami para karyawan di perusahaan. Tugas tanpa makna, tanpa akhir. Untuk menghindari 'neraka' itu para karyawan perlu memberi makna dalam pekerjaannya. Bila bekerja dimaknai sebagai sebuah ibadah, maka cara dan tujuan bekerja menjadi penting. Meski pimpinan tidak bisa mengubah tugas yang ada, para karyawan bisa mengubah sikapnya terhadap pekerjaan agar menjadi lebih bernilai. 

"Anda adalah apa yang Anda pandang dari diri Anda." Begitu yang sering kita dengar. Lalu nilai-nilai apa yang bisa membuat kerja Anda lebih bermakna: kejujuran? bekerja sebaik mungkin? tidak menginjak orang lain untuk dapat naik ke tingkat atas? bisa bermanfaat bagi banyak orang?

Tidak ada komentar: