Kamis, 01 Oktober 2015

Ahimsa




Paham pantang kekerasan atau ahimsa diyakini dan dijalankan Mahatma Gandhi sepanjang hidupnya. Berikut ini adalah nilai-nilai kemanusiaan yang diwariskannya kepada umat manusia di seluruh dunia:
Kekuatan paling ampuh yang tersedia bagi umat manusia adalah paham pantang kekerasan. Paham ini jauh lebih hebat daripada senjata penghancur terhebat yang pernah diciptakan akal manusia. Setiap pembunuhan atau penganiayaan –karena alasan apa pun – yang dilakukan terhadap sesama manusia adalah dosa terhadap perikemanusiaan.

Keadilan yang menyeluruh di setiap bidang kehidupan adalah syarat pertama bagi paham pantang kekerasan. Mungkin syarat ini terlalu berat bagi watak manusia. Manusia perlu belajar dan  melatih diri untuk melaksanakan ahimsa. 

Bebas dari rasa takut bukan syarat untuk melakukan kekerasan. Sebaliknya, bebas dari rasa takut  akan diperoleh dengan menemukan dan menentang penyebab rasa takut. Orang yang belum mampu menanggulangi seluruh rasa takut tidak akan mampu menerapkan ahimsa secara sempurna. Orang yang berani itu tidak mementingkan diri sendiri. Setiap penganut ahimsa hanya mengenal satu ketakutan yaitu takut kepada Allah.

Bukan ahimsa bila kita hanya mencintai orang yang mencintai diri kita. Sikap ahimsa sejati ialah jika kita mencintai orang yang membenci kita. Memang sulit untuk menerapkan sedemikian rupa hukum cinta yang mulia ini. Namun bukankah memang selalu sulit untuk melakukan sesuatu yang baik dan mulia? Mencintai seorang pembenci sungguh hal yang amat sulit. Namun dengan berkat Allah, hal yang amat sulit pun mudah dilakukan bila kita bertekad untuk melakukannya.

Sumber: Semua Manusia Bersaudara (Mahatma Gandhi)

Tidak ada komentar: