Kamis, 02 Juli 2020

Masmimar Mangiang dalam Kenangan


Pertemuan di Jl. Pangeran Antasari, Jakarta, pada 20 Februari 2020. Bang Masmimar Mangiang paling kiri

Bang Masmimar Mangiang dibebaskan dari sakit kanker paru pada 29 Juni 2020 pk. 18.50. Semua mahasiswanya kehilangan teman, mentor, dan guru yang begitu penuh perhatian. Selamat jalan ke hadiratNya, Bang Mimar.

Bang Masmimar adalah dosen saya di jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI. Ia sudah 39 tahun mengajar mata kuliah Editing dan Penulisan Jurnalistik. Sudah ratusan, mungkin ribuan, mahasiswa yang mendapatkan ilmu darinya. Pada  2019 beliau pensiun. Ia lahir pada 10 September 1949, pada Masa Mempertahankan Indonesia Merdeka, tiga bulan sebelum Konferensi Meja Bundar di Belanda. Mangiang adalah nama orangtuanya yang berasal dari etnis Minang.

Para mantan mahasiswanya berkumpul di kampus UI pada 23 Februari 2019 untuk berterima kasih atas semua ilmu yang diberikannya. Acara ini menjadi surprise untuk Bang Mimar. Saya mengingatnya sebagai dosen yang menyenangkan cara menyampaikan kuliahnya. Mengikuti kuliahnya tidak membosankan. Ia mengajar dengan passion. Bersama para mantan mahasiswanya ia kerap minum kopi dan mengobrol akrab. Selisih usia belasan sampai puluhan tahun, namun humornya menghilangkan jarak, mendekatkan hati.
Bang MM di antara Ade Armando dan Nina Mutmainah

Tidak ada komentar: