Sabtu, 27 Juni 2020

Mensyukuri Perbedaan

Bila kita melancong ke negeri-negeri orang, kita tersadar ternyata di atas planet bumi yang kecil dan fana ini dihuni manusia dengan ragam bahasa, budaya, warna kulit, hingga agama yang tidak mungkin dapat diseragamkan.
Kalau memang seluruh penduduk bumi harus memiliki satu keyakinan yang sama, mengapa hal itu tidak dilakukan Tuhan? Bukankah Tuhan sangat mampu untuk melakukan apa saja yang Ia inginkan? “...kalau Aku mau, aku seragamkan seluruh penduduk bumi untuk memiliki satu keyakinan, tetapi Aku ingin agar kalian semua dapat bersyukur...”
Keragaman memang merupakan kodrat yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. Keragaman itu meliputi semua hal, mulai dari unsur binatang, tumbuhan, hingga unsur-unsur alam. Banyaknya keragaman itu semakin membuktikan kesempurnaan Tuhan. Seakan dengan bahasa bodoh kita mengatakan: “Kalau Tuhan hanya menciptakan makhluk dengan jenis yang sama, Tuhan tidaklah kreatif...”
Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan keragaman itu? Tentu saja menghargai perbedaan. Dengan menghargai perbedaan itu sama artinya kita menghargai apa yang telah Tuhan berikan. Inilah yang disebut bersyukur. Dan memang bila kita menghargai keragaman, kita tidak akan memaksakan pihak mana pun agar menjadi seperti apa yang kita inginkan.
Sumber: buku 250 Wisdoms. Membuka Mata, Menangkap Makna karya Prof. Komaruddin Hidayat

Tidak ada komentar: