Minggu, 05 April 2020

Read & Write Creative Writing Selalu Optimis


Manusia berencana namun Allah yang menentukan. Saya, Satrio Arismunandar, dan Nuri Soeharto merencanakan Pelatihan Penulisan Kreatif sesi ke-tiga dan ke-empat yang kami selenggarakan bisa berlangsung lancar pada 21 Maret dan 28 Maret 2020. Sayangnya terjadi wabah virus Corona Covid 19 sehingga workshop yang diadakan di Jalan Pangeran Antasari 14, Jakarta, itu terpaksa kami tunda sampai kondisi aman.

Syukurlah workshop pada sesi pertama pada 7 Maret dan sesi ke-dua pada 14 Maret 2020 dapat terlaksana. Semua peserta pelatihan yang jumlahnya 12 orang bisa memahami mengapa kami memutuskan menunda sesi ke-tiga dan sesi ke-empat. Sambil menunggu pertemuan kami berikutnya, para peserta workshop diberi tugas menulis feature dan opini tentang apa saja. Jadi sambil bekerja dari rumah, mereka juga berlatih menulis.

Sebagian peserta sudah mengirimkan tulisannya kepada saya melalui email. Ternyata mereka sudah bisa menerapkan sebagian yang kami ajarkan bahwa kalimat yang tidak terlalu panjang lebih enak dibaca, upayakan tulisan memberi manfaat bagi pembaca, tulisan benar secara moral, logika, dan tata bahasa. Teguh Poeradisastra yang menjadi dosen Ilmu Komunikasi Massa juga ikut mengajar di Pelatihan Penulisan Kreatif ini. Ia banyak membahas mengenai Hypnotic Writing kepada para peserta. Semoga wabah corona cepat berakhir, masyarakat sehat, negara selamat, dan kami bisa menyelenggarakan pelatihan menulis lagi setiap bulan seperti yang kami rencanakan.

Tidak ada komentar: